Friday, May 16, 2014

BAB 10 - JENIS JENIS PENGENDALI

JENIS-JENIS PENGENDALI
Sistim kendali adalah suatu sistim dimana kecerdasan elektronika dipergunakan untuk mengendalikan suatu proses fisik. Uraian ini mencakup keseluruhan fase dari sistim kendali: elektronika, sumber tenaga (mis. motor listrik), mekanisme, dan teori sistim kendali yang menyatukan semuanya menjadi keseluruhan konsep. 
  1. PENGENDALI GERAKAN
Pengendali gerakan merupakan mekanisme untuk mengatur gerakan presisi suatu objek.
Salah satu contohnya sistem mekanisme servo untuk mengatur gerakan posisi antena.
Pengendali gerakan pun digunakan pada proses permesinan, contohnya pada mesin CNC yang menggunakan kode-kode angka untuk mengendalikan gerakan dari tool yang digunakan.
  1. PENGENDALI TEKANAN
Fungsi dari pengendali tekanan ada dua, yaitu :
  1. Fungsi Kontrol
Digunakan untuk mempertahankan tekanan suatu benda sesuai yang ditentukan.
  1. Fungsi Pembatas
Digunakan sebagai sensor yang merasakan tekanan sudah pada tingkat yang diinginkan, sehingga jika terjadi kelebihan tekanan akan dialihkan.
Alat pengendali tekanan adalah pressure switch.
  1. PENGENDALI NUMERIK
Kendali numerik merupakan jenis kendali digital digunakan pada mesin-mesin produksi seperti mesin bubut dan mesin frais. Mesin-mesin ini secara otomatis dapat memotong dan membentuk benda kerja tanpa campur tangan operator. Masing-masing mesin memiliki seperangkat sumbu atau parameter-parameter yang harus dikendalikan; sebagai contoh, mesin frais yang ditunjukkan dalam Gambar 1.12. Benda kerja dikunci pada meja kerja yang dapat digerakkan. Meja kerja dapat digerakkan (menggunakan motor listrik) dalam tiga arah sumbu: X, Y, dan Z. Kecepatan gerak alat pemotong secara otomatis dikendalikan juga. Untuk membuat suatu benda kerja, meja kerja menggerakkan benda kerja melewati pisau pemotong pada kecepatan tertentu dan pada kedalaman potong tertentu pula. Dalam contoh ini, terdapat empat parameter (X, Y, Z, dan RPM) yang secara kontinyu dan terpisah-pisah dikendalikan oleh pengendali. Sebagai input bagi pengendali adalah serangkaian angka-angka yang secara lengkap menjelaskan bagaimana benda kerja harus dikerjakan. Angka-angka ini termasuk didalamnya ukuran-ukuran dimensi fisik dan detail-detail kerja seperti kecepatan potong dan tingkat kedalaman pemotongan.

Gambar 1. 12. Prinsip Dasar Kendali Numerik Mesin Frais

  1. PENGENDALI SUHU
Pengendali suhu bisa digunakan untuk mempertahankan suhu tertentu pada suatu proses ataupun mencegah dari kondisi over temperature.
Pengendali suhu digunakan untuk mengontrol proses temperature secara akurat tanpa memerlukan kerja lebih dari operator.
Ada tiga mode dasar pengendali suhu, yaitu :
  1. On/Off
  2. Proporsional
  3. PID
  1. PENGENDALI PENCACAH
Pencacah adalah peranti yang akan menerima rentetan dari pulsa pencacah operasi mesin dan menampilkan fungsi ouyput berdasarkan angka perhitungan yang ditentukan sebelumnya oleh pemakai.
Operasi interval berarti bahwa beban akan dijalankan ketika ketika unit mencacah.
Operasi tunda berarti bahwa beban akan digerakkan pada akhir siklus pencacahan.
Pencacah biasanya dianggap sebagai peranti yang mentabulasikan atau mencacah “sesuatu” seperti botol, kaleng, kotak, tuangan dan sebagainya.
  1. Pencacah mekanis
Pada pencacah mekanis, setiap kali tuas yang menggerakkan dipindahkan, pencacah menambah satu bilangan, dan tuas yang menggerakkan kembali secara otomatis pada posisi aslinya.
  1. Pencacah elektomekanis
Pada pencacah elektromekanis, titik-penyetelan cacah dapat diatur dengan kenop pada bagian depan unit.
  1. Pencacah solid-state
Pencacah solid-state mempunyai operasi pulsa kecepatan-tinggi dengan kecermatan 100% dan mempunyai keistimewaan yang dapat diprogramkan.
Aksi output pencacah terjadi ketika total cacah yang ditunjukan oleh saklar ibu jari tercapai.
6. PENGENDALI URUTAN
Kontrol urutan melibatkan pengontrolan urutan pada suatu event tertentu yang akan terjadi. Banyak peranti mesin dan mesin proses memerlukan pengontrolan urutan yang ditentukan sebelumnya ketika peralatan di start dan atau jalan.

No comments: